Membuat Surat Gabungan Surat di Microsoft Word

Membuat Surat Gabungan Surat di Microsoft Word

Membuat Surat Gabungan Surat

1. Membuat Surat Gabungan Surat di Microsoft Word

Dalam tutorial sebelumnya, kita mengatur data gabungan surat sumber. Kita sekarang dapat membuat surat gabungan surat itu sendiri. 

Untuk ini, kami akan menggunakan kop surat yang kami buat sebelumnya. Tapi Anda bisa membuatnya dokumen kosong baru, jika Anda mau.

  1. Jadi klik pada Office bulat di kiri atas Microsoft Word, jika Anda punya versi 2007. Jika Anda memiliki Word 2010 atau Word 2013, klik tab File. 
  2. Kemudian klik Baru dari menu. 
  3. Dari kotak dialogDokumen Baru, pilihSaya Templat
  4. Anda kemudian akan melihat kotak dialog lain muncul. Klik pada kop surat Anda templat untuk memilihnya, 
  5. lalu klik OK untuk membuat dokumen baru dengan kop surat Anda pada oth Di Word 2013, klik item Pribadi di sebelah kanan saat Anda mengklikFile > Baru
  6. Kemudian klik nama template Anda dari daftar yang Muncul.
  7. Untuk teks surat itu, ketikkan yang berikut ini:

Sayang

Terima kasih atas sumbangannya. Ini akan sangat membantu kami untuk lanjutkan dengan proyek. Kami tidak dapat bertahan hidup tanpa orang-orang seperti kebaikan Anda diri membuat kontribusi.

Tim

Surat Anda kemudian akan terlihat seperti surat kami di bawah ini:

Surat yang siap untuk Gabungan Surat

Untuk menggunakan database baru Anda, klik kembali ke tabSurat Menyuratdi pita Office. Dari panelStart Mail Merge, klikSelect Penerimalagi. Dari menu, pilihGunakan Daftar yang Ada:

Panel Pilih Penerima di Word 2007 dan Word 2010

Ketika Anda mengklik Gunakan Daftar yang Ada, Anda akan melihat dialog baru kotak -Pilih Sumber Data. Anda akan melihat database Daftar Alamat Anda di daftar yang tersedia. Klik ini untuk memilihnya, lalu klik Buka tomboldibagian bawah.

Kotak dialog Pilih Sumber Daya

Jika Anda tidak dapat melihat Sumber Data apa pun, lihat di folderDokumenAnda, lalu klik gandaSumber Data Saya:

Pilih sumber data MDB

2. Menggunakan Excel sebagai Sumber Data

Jika Anda membuat sumber data dengan Excel, maka Anda perlu memilihFile Exceldari kotak dialogPilih Sumber Datadi atas. Klik Kotak turun bawah di kanan bawah kotak dialog untuk melihat daftar file Jenis (nomor 1, pada gambar di bawah):

Memilih lembar bentang Excel sebagai sumber data

Navigasi ke tempat di komputer Anda menyimpan file Excel Anda (nomor 2, di gambar di atas).

  1. KlikBukapada kotak dialog dan Anda akan melihat kotak ini muncul:
  2. Memilih lembar kerja Excel untuk digunakan sebagai sumber data
  3. Pada gambar di atas, data kami ada di Sheet1. Baris pertama data memang berisi header kolom, jadi kami telah mencentang kotak di bagian bawah. Klik OKE untuk terus.
  4. Sumber data mana pun yang Anda buat, baik di Word atau Excel, Anda akan melihat bahwa lebih banyak opsi tersedia di tab Surat Menyurat.
  5. Salah satu opsi tersebut adalah panelTulis & Sisipkan Bidang. Ingat Bidang sebagai salah satu kolom Anda dari database Anda (Judul, Nama Depan, Nama Belakang, dan lain-lain).
  6. Posisikan kursor Anda tepat sebelum koma setelah "Dear". Sekarang klik item BidangGabungan Insetpada panelTulis & Sisipkan Bidang untuk melihat yang berikut ini:
  7. Daftar Sisipkan Bidang Gabungan di Word 2007 dan Word 2010
  8. Dan inilah Gabungkan Bidang dari data spreadsheet Excel kami sumber:
  9. Menggabungkan bidang dari lembar kerja Excel
  10. Item pada menu adalah semua kolom dari database Anda (atau spreadsheet). Dengan kursor Anda tepat sebelum koma setelah "Dear", klik itemJuduldari menu. Sekarang tekan bilah spasi pada keyboard Anda. Dari menu yang sama, pilih bidangLast_Name. Surat Anda kemudian akan terlihat seperti ini:
  11. Huruf memiliki dua bidang gabungan
  12. (Panah runcing berarti Anda memiliki bidang gabungan yang disisipkan di posisi itu.)
  13. Untuk mendapatkan alamat di kiri atas surat, Anda bisa menyisipkan lebih banyak bidang dari menu. Tetapi ada cara yang lebih mudah.
  14. Posisikan kursor Anda di dekat bagian atas huruf. Dari Tulis & sisipkan Panel Bidang, klik itemBlok Alamat:
  15. Panel Tulis & Sisipkan Bidang
  16. Blok Alamat Gabungan Surat
  17. Anda kemudian akan melihat kotak dialog ini muncul:
  18. Sisipkan Blok Alamat
  19. Kotak daftar di kiri atas memungkinkan Anda memilih apakah Anda ingin nama ditambahkan sebelum baris pertama alamat, dan dalam format apa. Jika Anda tidak menyukai format itu, pilih yang lain dari daftar. Anda kemudian akan melihat Pratinjau baru muncul di sebelah kanan. Pada gambar di atas, kita telah memilih nama memformat, dan menghapus centang pada kotak untuk "Masukkan nama perusahaan". Segala sesuatu yang lain dibiarkan pada default.
  20. Klik OK saat Anda puas dengan pemformatan alamat Anda. Anda kemudian akan melihat berikut muncul di bagian atas surat Anda:
  21. Surat dengan bidang gabungan Blok Alamat
Untuk melihat apa efek semua ini, Anda dapat mengklikPratinjautombol pada tabSurat Menyurat. Namun, sebagai gantinya, klik tombolSelesai & Tombol Gabungkan. Dari menu yang muncul, pilihEdit Dokumen Individual:
  1. Panel Selesaikan & Gabungkan di Word 2007 dan Word 2010
  2. Ketika Anda mengklik Edit Dokumen Individual, penggabungan akan dimulai. Karena kami memiliki empat alamat dalam daftar kami, kami akan memiliki empat huruf individual. Yang pertama akan terlihat seperti ini:

Surat gabungan surat

Seperti yang Anda lihat, bidang gabungan telah diganti dengan yang sebenarnya nama dan alamat. Setiap huruf akan berbeda, satu untuk setiap entri di daftar kami.

Dan kita akan meninggalkan gabungan surat di sana. 

Akhir Kata

Masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan bisa dilakukan dengan itu. Misalnya, Anda dapat membuat label untuk alamat Anda, lalu gabungkan dari daftar Anda, gunakan database yang berbeda dan gunakan kueri - sebenarnya itu subjek besar yang akan membawa Anda jauh melampaui tahap lanjutan.

Apa yang perlu dipelajari di Microsoft Word

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa cara atau tutorial mengenai Microsoft Word, silahkan buka setiap link tutorial:

  1. Belajar Microsoft Word 2007 - odimera.com
  2. Cara Download dan Impor File Teks ke Word
  3. Cara Membuat Kolaborasi Dokumen di Microsoft Word 
  4. Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word 
  5. Cara Membuka dokumen di Ms Word
  6. Cara Memotong Teks di Microsoft Word
  7. Cara Mencetak Dokumen di ms Word 2007
  8. Cara Mengatur Margin di Microsoft Word
  9. Cara Mengatur Posisi Tab Stop di Word
  10. Cara Menyimpan dokumen Word sebagai templat 
  11. Cara Menyisipkan Gambar Clip Art di Dokumen Microsoft Word
  12. Cara Menyorot Teks di Microsoft Word
  13. Cara Mudah Membuat Label Undangan Otomatis di Word dan Excel
  14. Cara Salin dan Tempel di Microsoft Word
  15. Cara membuat logo di Microsoft Word 
  16. Cara membuka Microsoft Word yang mudah
  17. Cara menambahkan header dan fother di Microsoft Word
  18. Cara mengatur shorcut keyboard di Word 
  19. Cara menyimpan dokumen di ms word
  20. Dasar pemformatan teks di Ms word
  21. Membuat Daftar Berpoin di Microsoft Word
  22. Membuat Dokumen Kosong Baru dan Menemukan Jalan Sekitar
  23. Membuat Sumber Data Gabungan Surat di Word
  24. Membuat Surat Gabungan Surat di Microsoft Word
  25. Membuat Tabel di Word dan Gaya Tabel Microsoft Word
  26. Membuat Teks Tebal/Miring/Garis Bawah Dan Teks Coret Di Microsoft Word
  27. Mengubah Jenis Huruf/Font Di Microsoft Word
  28. Menyiapkan Marging Halaman dan Pemberhentian Tab di Word
  29. Opsi Kata di Microsoft Word
  30. Pemeriksaan Ejaan dan Tata Bahasa di Microsoft Word

Previous Post Next Post