Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word
odimera.com - Microsoft Word seri manapun sebenarnya sudah menyediakan template kop surat gratis yang bisa dipakai. Namun, karena setelannya diatur secara default metode ini jarang dipakai.
Membuat kop surat di Word manual dengan memanfaatkan fitur line bisa dilakukan oleh siapapun. Akan tetapi, cara membuat kop surat di Word yang paling cepat menggunakan header masih jarang diketahui.
1. Struktur Kop Surat Resmi
Struktur Kop Surat Resmi Dilansir dari Ruang Guru, surat dinas atau surat resmi adalah sebuah surat yang dikeluarkan dan ditulis untuk urusan serta kepentingan formal. Surat resmi dibuat oleh lembaga pemerintahan, lembaga swasta, organisasi, badan usaha, perusahaan, sekolah, universitas, dan lain sebagainya. Mengingat sifatnya yang resmi, surat jenis ini terdiri dari beberapa bagian. Salah satu diantaranya adalah kop surat.
Pada umumnya, kop surat berfungsi sebagai identitas dari sebuah lembaga atau organisasi. Jika surat tersebut tidak memiliki kop surat, dapat dipastikan kalau surat itu bukan surat resmi. Dirangkum dari berbagai sumber berikut bagian-bagian yang ada di dalam kop surat:
- Logo lembaga atau organisasi.
- Nama lembaga atau organisasi.
- Alamat lembaga atau organisasi.
- Nomor telepon lembaga atau organisasi.
- Nomor faximile lembaga atau organisasi.
- Alamat e-mail lembaga atau organisasi.
Beberapa bagian atau komponen di atas fungsinya sangat penting. Sebab, si penerima surat akan tahu dari mana surat tersebut berasal. Isi dari kop surat juga harus jelas, dan mudah dibaca karena menyangkut identitas perusahaan atau lembaga. Jika datanya tidak jelas, penerima surat pastinya akan meragukan keaslian surat itu. Imbasnya nama lembaga/perusahaan akan menjadi buruk.
Sebagai langkah antisipasi, sebelum membuat kop surat di Microsoft Word pastikan semua informasi mengenai identitas perusahaan sudah benar.
2. Cara Membuat Kop Surat di Word Paling Mudah dan Cepat
A. Cara Membuat Kop Surat di Word 2007
- Buka Microsoft Word 2007.
- Masuk ke tab menu Insert > Header & Footer > Header.
- Pilih opsi 'Blank'. Tekan kombinasi tombol Ctrl + E untuk rata tengah.
- Kemudian ketik informasi perusahaan.
- Sisipkan logo dengan masuk ke Insert > Picture.
- Langkah berikutnya, sesuaikan logo tersebut.
- Secara otomatis, kop surat tersebut akan muncul di semua halaman pada lembar dokumen ini.
- Klik save untuk simpan.
- Sehingga, file kop surat ini bisa dipakai kapanpun sesuai kebutuhan.
B. Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word 2010
Untuk cara membuat kop surat di Microsoft Word 2010, berikut tutorial lengkapnya:
- Buka Microsoft Word 2010 dan buat dokumen baru.
- Kemudian atur ukuran kertas dan margin sesuai keinginan.
- Langkah berikutnya, klik kiri dua kali di bagian atas lembar kerja, dan arahkan kursor ke toolbar 'Design'.
- Selanjutnya aktifkan 'Different First Page'.
- Gunakan align center untuk membuat posisi teks berada di tengah header.
- Lalu masukan informasi tentang perusahaan.
- Sisipkan logo dengan cara klik toolbar 'insert', dan pilih 'picture'.
- Jika sudah, atur posisi logo tersebut.
- Buat garis pembatas dengan klik tab 'Home' dan pilih 'Borders and Shading'.
- Tentukan garis yang akan dipakai, dan klik 'OK'.
- Kop surat sudah berhasil dibuat di Microsoft Word 2010.
C. Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word 2013
Pertama buka Microsoft Word 2013.
- Buat dokumen baru.
- Kemudian atur ukuran kertas dan margin sesuai keinginan.
- Langkah berikutnya, klik kiri dua kali di bagian atas lembar kerja, dan arahkan kursor ke toolbar 'design'.
- Selanjutnya aktifkan 'Different First Page'.
- Gunakan align center untuk membuat posisi teks berada di tengah header.
- Lalu masukan informasi tentang perusahaan.
- Sisipkan logo dengan cara klik toolbar 'insert', dan pilih 'picture'.
- Jika sudah, atur posisi logo tersebut.
- Buat garis pembatas dengan klik tab 'Home' dan pilih 'Borders and Shading'.
- Tentukan garis yang akan dipakai, dan klik 'OK'.
- Kop surat sudah berhasil dibuat di Microsoft Word 2013.
Demikian tutorial kali ini tentang "Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word". sampai jumpa di artikel dan tutorial berikutnya.
