Belajar bagaimana cara menginput data serta tutorial Excel 2007 dan versi lainnya!

input data via www.beepos.id
Kebutuhan menyunting data akan lebih mudah dilakukan kalau kamu sudah paham bagaimana cara menginput data ke dalam sel. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memasukkan data ke Excel.
Pertama, masukkan data melalui sel Excel secara langsung dengan memilih sel mana yang akan dipakai untuk tempat datanya. Kemudian, ketik atau tulis data yang mau diinput lalu tekan ‘Enter’ untuk melakukan konfirmasi data. Kedua, kamu bisa memasukkan data melalui formula bar di Excel. Caranya, pilih sel mana yang akan dimasukkan data, kemudian gesek kursor ke formula bar. Ketik atau tulis data di dalam formula lalu tekan ‘Enter’ untuk mengonfirmasi datanya.
Nah, kalau sudah paham bagaimana cara menginputnya, tutorial Excel 2016 bahasa indonesia pdf yang kamu temui di internet bisa dengan mudah kamu kuasai.
Penting juga untuk mengetahui shortcut keyboard agar pekerjaan yang digarap menggunakan Excel jadi lebih mudah tanpa perlu pegangan mouse

shortcut keyboard via www.youtube.com
Kalau paham shortcut keyboard, kamu bisa mengerjakan tugas di Excel degan lebih cepat. Umumnya, shortcut keyboard dilakukan dengan menekan tombol keyboard secara berurutan atau bersamaan tanpa melepas tombol sebelumnya. Berikut ada beberapa shortcut keyboard yang bisa dan umum digunakan ketika mengerjakan tugas di Excel:
- Ctrl + W untuk menutup buku kerja
- Ctrl+ O untuk membuka buku kerja
- Alt + H untuk masuk ke tab Home atau Beranda
- Ctrl + S untuk menyimpan pekerjaan di Excel
- Ctrl + S untuk menyalin atau copy
- Ctrl + V untuk menempel atau paste
- Ctrl + X untuk memotong atau cut
- Ctrl + Z untuk membatalkan atau
- Ctrl + Y untuk mengembalikan atau redo
- Alt + N untuk menyisipkan atau insert
- Ctrl + B untuk menembalkan teks atau bold
- Ctrl + I untuk membuat teks miring atau italic
- Ctrl + U untuk memberi garis bawah teks atau underlines
- Alt + H, A,C untuk meratakan ke tengah atau center
- Alt + P untuk masuk ke tab tata letak atau Page Layout
- Alt + W untuk masuk ke tab tampilan atau View
- Alt + M untuk masuk ke tab rumus atau Formula
- Ctrl + 9 untuk menyembunyikan baris
- Ctrl + 0 untuk menyembunyikan kolom
- Ctrl + F1 untuk menyiutkan pita laman kerja
Input data sudah, shortcut keyword sudah, sekarang mari bahas fungsi sekaligus rumus Excel yang sering dipakai
Rumus Excel penjumlahan
=cell atau range 1 + cell atau range kedua contohnaya =B1+B2+B23
atau kamu bisa pakai rumus Excel Sum
=SUM(rangeatau cell awal:range atau cell akhir) contohnya =SUM(D9:D15)
Rumus Excel pengurangan
=(range atau cell awal-range atau cell pengurangan) contohnya =(B2-B7)
Rumus Excel perkalian
=(cell pertama*cell yang mau dikalikan) contohnya =(E3*E7)
atau =PRODUCT(cell pertama*cell yang mau dikalikan) contohnya =PRODUCT(B3*B5)
Rumus Excel pembagian
=(cell pertama/cell yang mau dibagi) contohnya =(B2/B1)
Rumus Excel rata-rata
=AVERAGE(cell data awal:cell data akhir yang mau dihitung rata-ratanya) contoh =AVERAGE(G3:H12)
Rumus Excel persen
Catatan: nomor cell dan angka hanya contoh, bisa disesuaikan dengan datamu sendiri
Hitungan persen dalam jumlah benar 2/10*100%
atau =(B3–B2)/B2
Rumus mencari nilai tertinggi dan terendah dalam data
=MAX(cell data awal:cell data akhir) contoh =MAX(D1:D20)
Kalau mau mencari nilai terendah tinggal ganti ke MIN, misalnya =MIN(D1:D20)
Fungsi ‘IF’ untuk menghasilkan nilai lewat uji logika yang hasilnya True atau False
=IF(tes logika; kondisi tertentu; [kondisi tidak terpenuhi]
Banyak rumus Excel lain yang sebenernya perlu kamu pelajari, misalnya rumus Excel vlookup. Tapi, umumya, rumus ini dipakai untuk mereka yang memang ekspert atau butuh aplikasi Excel sebagai media kerja. Jika kamu mau mempelajari rumus Excel lebih lanjut, bisa cek rumus Excel pdf yang banyak tersedia di internet.
Pengenalan Dasar Microsoft Excel
1. Mengenal Software Microsoft Excel Mudah
Selain itu, Microsoft Excel juga digunakan sebagai database di setiap instansi baik angka maupun kata. Software ini tidak hanya digunakan pada bidang keuangan dan perusahaan saja tetapi di semua bidang mulai dari marketing, teknologi, human resource dan lain-lain.
Secara umum Microsoft Excel dipakai untuk mengatur informasi data karyawan, data keuangan, rekapitulasi, dan lain sebagainya.
2. Panduan Excel Bagi Pemula
2.1 Membuat Spreadsheet dan Workbook
Banyak orang yang belum bisa membedakan antara spreadsheet dan workbook. Sederhananya, spreadsheet merupakan dokumen yang ada pada satu file, sedangkan workbook merupakan file Excel yang sedang dibuka.
Jika akan membuat workbook yang baru, kamu cukup klik tombol file yang ada di bagian atas Excel. Kemudian kamu dapat melanjutkannya dengan Klik tombol New, lalu pilih Blank Workbook.
Sedangkan apabila kamu akan menambah spreadsheet baru, kamu bisa pilih tombol ‘+’ yang ada di bawah Excel, lebih tepatnya di Spreadsheet. Selanjutnya, kamu dapat menyusun spreadsheet dengan cara tekan dan geser ke kanan atau kiri.
2.2 Menginput Data
Ketika kamu mempelajari panduan belajar Excel maka kamu akan belajar bagaimana cara menginput atau memasukkan data. Perlu diketahui bahwa belajar menginput kata atau angka pada Excel merupakan hal yang sangat mudah dilakukan.
Seperti halnya menginput data pada umumnya, kamu hanya perlu klik sel atau kotak kosong di spreadsheet. Lalu kamu dapat mengetik data yang diinginkan. Jika ingin berpindah sel atau kotak, kamu hanya perlu tekan tombol tab atau enter di keyboard sehingga lebih mudah.
2.3 Membuat Dan Mengatur Tabel
Pada panduan belajar Excel, kamu juga dapat dengan mudah membuat dan mengatur tabel sesuai dengan kebutuhan. Setelah berhasil membuat tabel, kamu dapat mengaturnya dengan border dan warna.
Ada berbagai pilihan border yang dapat dipilih sesuai kebutuhan hanya dengan klik tombol atau ikon Borders di bagian Font Excel.
Apabila kamu ingin memberikan warna tabel, caranya yaitu pilih sel, baris, atau kolom pada tabel yang diinginkan, kemudian klik tombol Fill Color. Tombol ini memiliki simbol ikon seperti gambar kaleng cat yang berada di atas Excel daerah Font. Setelah itu, kamu bisa memilih warna apapun sesuai keinginan untuk tabel.
2.4 Menyusun Data
Dalam panduan belajar Excel, iftur lainnya yang dapat kamu pelajari pada software Excel yaitu penyusunan data. Hadirnya fitur ini bertujuan agar data yang disusun terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Kamu bisa dengan mudah belajar menyusun data pada Excel sesuai angka atau abjad paling besar ke paling kecil maupun sebaliknya.
Untuk menyusun data tersebut, cukup pilih kolom atau baris yang akan diatur datanya, lalu klik Short & Filter di bagian atas Excel, tepatnya di bagian Data. Selanjutnya kamu dapat memilih apakah akan menyusun data dari abjad atau angka terkecil atau terbesar terlebih dahulu.
2.5 Filter Data
Selain itu, dalam panduan belajar Excel kamu pun dapat mencari atau menyaring data yang diinginkan dengan memanfaatkan tombol Sort & Filter. Setelah itu klik Filter, maka kamu dapat mencari data sesuai dengan kategori yang dibutuhkan.
2.6 Menggunakan Penjumlahan Otomatis
Melalui panduan belajar Excel kamu dapat menemukan fitur penjumlahan otomatis. Sebenarnya untuk menjumlahkan angka dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus Excel tertentu. Namun apabila kamu belum belajar rumus-rumus Excel karena masih pemula, kamu dapat dengan mudah menjumlah angka tersebut secara otomatis.
Caranya yaitu dengan memilih baris atau kolom yang akan dijumlahkan lalu pilih tombol Auto Sum. Tombol ini ada di bagian atas Excel, tepatnya daerah Editing. Dengan begitu maka angka pada kolom atau baris yang dipilih bisa dijumlahkan secara otomatis.
3. Panduan Belajar Excel: Formula Dasar Untuk Pemula
3.1 Formula IF
Formula pertama yang harus kamu ketahui yaitu fungsi IF yang digunakan untuk membuat perbandingan atau komparasi logis antara nilai dan yang diharapkan. Caranya yaitu dengan menguji parameter serta mengembalikan hasil apabila True atau False.
Cara penulisannya: = IF(parameter yang diharapkan, instruksi kondisi benar, instruksi kondisi salah)
3.2 Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Dan Pembagian
Untuk melakukan penjumlahan data yang bersifat angka dalam jumlah banyak bisa menggunakan rumus SUM. Cara penulisannya yaitu =SUM(sel awal:sel akhir). Sedangkan untuk rumus pengurangan sebenarnya tidak ada, tetapi dapat menggunakan simbol minus (-).
Rumus perkalian sebenarnya sama dengan rumus penjumlahan tetapi menggunakan operation asterisk (*). Contoh penulisannya yaitu =cell1*cell2*cell3.
Selain itu juga dapat menerapkan formula PRDUCT dengan cara penulisan yaitu =Product(Cell1:Cell2). Sementara untuk formula pembagian bisa diganti dengan operation slash (/).
3.3 Formula Lookup
Vlookup atau Vertical Lookup merupakan formulir yang digunakan untuk mencocokkan data pada dua daftar. Dengan menggunakan rumus ini, kamu dapat mengisi data pada tabel sesuai data tabel referensi lainnya dengan menggunakan nilai spesifik.
3.4 Membuat Waktu Otomatis
Pada Microsoft Excel, kamu juga dapat membuat tanggal dan waktu otomatis dengan rumus tertentu. Untuk membuat tanggal otomatis, kamu dapat menggunakan fungsi rumus Day untuk menuliskan angka 1 sampai 31. Bisa juga dengan menerapkan rumus =DAY(serial_number), lalu pada serial underscore number diisi dengan klik sel di tanggal yang ingin dicari harinya.
Untuk membuat bulan secara otomatis bisa menggunakan rumus Month untuk menghasilkan angka 1 sampai 12. Cara menerapkan fungsi ini pada Microsoft Excel yaitu dengan menuliskan =MONTH(serial_number) lalu klik sell di tanggal yang akan dicari bulannya.
Sedangkan untuk membuat tahun otomatis bisa menggunakan fungsi rumus Year pada MS Excel. Cara penulisannya yaitu =YEAR(serial_number) dengan klik sel di tanggal yang akan dicari tahunnya.
3.5 AVERAGE
Average merupakan rumus rata-rata untuk menghitung jumlah nilai pada sekelompok data lalu dibagi banyaknya data. Dengan begitu maka untuk menghitung nilai rata-rata dari sekelompok data akan lebih cepat.
Untuk kamu para pemula yang ingin memahami panduan belajar Excel maka setidaknya memulai dari beberapa hal di atas. Selain itu, kamu juga perlu latihan secara rutin untuk terbiasa mengoperasikan software Microsoft Excel.
