Kami berasumsi bahwa Anda memahami Bahasa Inggris, yang merupakan Bahasa Antarmuka Manusia yang terkenal. Bahasa Inggris memiliki tata bahasa yang telah ditentukan, yang perlu diikuti untuk menulis pernyataan bahasa Inggris dengan cara yang benar. Demikian juga, sebagian besar Bahasa Antarmuka Manusia (Hindi, Inggris, Spanyol, Prancis, dll.) Terbuat dari beberapa elemen seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, kata keterangan, proposisi, dan konjungsi, dll.
PANDUAN BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR
Konsep Dasar Pemrograman
- Input adalah proses memasukkan data ke dalam komputer menggunakan perangkat input (mouse, keyboard, atau lainnya).
- Data dimasukkan dan diproses menggunakan peralatan pemrosesan yang biasanya meliputi: menghitung, membandingkan, menyortir, mengelompokkan, dan mencari perangkat penyimpanan.
- Data yang telah diolah akan ditampilkan dalam bentuk informasi melalui perangkat keluaran (speaker, display atau lainnya).
- Namun sekarang konsep tersebut telah dikembangkan lebih lanjut sebagai Origin > Input > Process > Output > Distribute.
Materi Awal
- Pengertian Pemrograman Dasar
- Lingkungan Pemrograman
- Sintaks Dasar
- Jenis Bahasa Pemrograman
- Perancangan Program
- Software Pendukung
1. Pengertian Pemrograman Dasar (Basic Programming)
- Pengertian Pemrograman Dasar adalah serangkaian instruksi yang ditulis dan disusun secara sistematis dan logika.
- Pengertian Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana bahasa tersebut sering adalah Bahasa Pemrograman yang dimengerti oleh mesin ataupun komputer.
Anda memerlukan pengaturan berikut untuk memulai pemrograman dalam bahasa pemrograman apa pun.
- Editor teks untuk membuat program komputer.
- Kompiler mengkompilasi program ke dalam format biner.
- Interpreter yang menjalankan program secara langsung.
Anda tidak akan dapat menyiapkan perangkat lunak ini jika Anda tidak memiliki akses penuh ke komputer. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda, dengan bantuan teknisi mana pun di sekitar Anda, menyiapkan lingkungan pemrograman di mesin Anda di mana Anda dapat memulai. Tetapi penting bagi Anda untuk memahami apa barang-barang ini.
2. Lingkungan Pemrograman
Menyiapkan lingkungan bukanlah elemen dari bahasa pemrograman apa pun, ini adalah langkah pertama yang harus diikuti sebelum menyiapkan untuk menulis program.
Ketika kami mengatakan pengaturan lingkungan, itu hanya menyiratkan bahwa kami dapat melakukan dasar-dasar pemrograman. Oleh karena itu, kita perlu memiliki pengaturan perangkat lunak yang diperlukan, yaitu diinstal pada PC kita, untuk menulis, mengkompilasi, dan menjalankannya. Misalnya, jika Anda perlu menelusuri Internet, maka Anda memerlukan pengaturan berikut di mesin Anda
- Koneksi internet yang dapat terhubung ke Internet
- Browser web seperti Internet Explorer, Chrome, Safari, dll.
Jika Anda pengguna PC, Anda akan mengenali tangkapan layar di bawah ini, yang kami ambil dari Internet Explorer saat menjelajahi tutorialspoint.com.
3. Sintaks Pemrograman Dasar
Mari kita mulai dengan beberapa coding yang benar-benar akan mengubah Anda menjadi seorang programmer komputer. Kami akan menulis program komputer satu baris untuk menulis Hello, World! di layar Anda. Mari kita lihat bagaimana menulisnya dalam bahasa pemrograman yang berbeda.
Program Hello World dalam bahasa C
Coba contoh berikut menggunakan opsi kompiler online yang tersedia di www.compileonline.com.
#include <stdio.h>
int main() {
/* printf() function to write Hello, World! */
printf( "Hello, World!" );
}Maka akan muncul teks sebagai berikut:
Hello, World!Applet Hello World ini akan membantu kita memahami konsep dasar yang terkait dengan pemrograman C. titik masuk program
Untuk saat ini, lupakan pernyataan #include <stdio.h>, tetapi perhatikan bahwa Anda harus meletakkan pernyataan ini di bagian atas program C Anda.
Setiap program C dimulai dengan main(), yang disebut fungsi utama, diikuti oleh buffer curl kiri. Instruksi program lainnya ditulis di tengah, dan akhirnya buffer curl kanan mengakhiri program.
Bagian dari kode di dalam dua kurung kurawal ini disebut badan program. Tanda kurung kurawal dapat berada pada baris yang sama dengan main(){ atau pada baris berikutnya yang disebutkan dalam program di atas.
4. Jenis Bahasa Pemrograman
Ada puluhan jenis bahasa pemrograman yang digunakan diseluruh dunia. Setiap bahasa pemrograman pastinya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing.
Popularitas disetiap Negara juga berbeda-beda.
Berikut ini adalah contoh beberapa Bahasa Pemrograman Yang terkenal:
Nanti saya jelaskan masing masing dari setiap bahasa pemrograman diartikel yang berbeda.
5. Perancangan Pemrograman Dasar
Beberapa hal yang harus dilakukan developer untuk merancang program agar lebih terarah yaitu pembuatan algoritma dan flowchart (graph alir).
Algoritma yaitu penjabaran langkah yang akan dikerjakan oleh program komputer yang akan dirancang menggunakan bentuk kalimat sederhana. Contoh algoritma seperti ini:
Algoritma Mencari Materi Pemrograman Dasar :
- Buka program
- Ketik di kolom pencarian
- Pemrograman dasar
- Akan ditampilkan hasil pencarian berupa artikel atau lainnya (salah satunya artikel yang sedang kamu baca ini).
- Client membuka salah satu list yang ditampilkan
- Client mendapatkan materi pemrograman dasar
Komputer itu bagian dari matematika. Dan matematika akan selalu berhubungan dengan logika. Algoritma itu langkah yang sistematis dan logis.
Algoritma disusun dalam bentuk kalimat. Sedangkan flowchart disusun menggunakan blok gambar (grafis).
6. Software Pendukung
Untuk membuat program aplikasi dekstop, web, ataupun android kita membutuhkan programming pendukung. Salah satunya adalah IDE.
IDE ( Integrated Development Environment ) merupakan programming aplikasi biasanya berbasis GUI yang digunakan sebagai tempat menuliskan setiap baris kode bahasa pemrograman. Di IDE ini juga kita bisa menjalankan (Running ) program aplikasi yang sudah dibuat.
Hampir semua IDE kini sudah present day yang memiliki beberapa highlight :
- Supervisor Kode (Code Editor) atau Text Editor
- Debugger
- Intelegent Code Completion
- Fabricate Automation
Beberapa contoh IDE yaitu :
- Android Studio : merupakan IDE yang digunakan untuk membuat aplikasi android. Android studio dilengkapi dengan code supervisor, intelegent code finishing, emulator android dan banyak lainnya.
- Particle, Visual Code, Sublime Text, Netbeans : digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Dimana di IDE tersebut kita bisa menulis atau mengedit HTML, CSS, PHP, javascript dan lain sebagainya.
- Xcode : merupakan IDE yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi portable untuk IOS.
